Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kamu Tersesat di Gunung

Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kamu Tersesat di Gunung

Jangan Panik! Lakukan Hal Ini Jika Kamu Tersesat di Gunung--Superlive.id

Belum lama ini, media sosial dihebohkan dengan penemuan pendaki yang menghilang selama tiga hari di Gunung Slamet. Naomi Daviola Setyanie atau akrab dipanggil Vio, ditemukan oleh tim SAR pada Selasa (8/10) sore di pos 7 dengan keadaan yang sudah lemas. Dilansir dari detikjateng, kejadian tersebut bermula ketika Vio sedang berjalan bersama beberapa temannya. Sebelum kejadian, Vio masih bisa melihat beberapa temannya di belakang dan di depan. Namun, ketiga kali menengok, Vio tidak melihat teman-temannya dan pemangan menjadi hutan.

Selain Vio, sudah banyak di dengar berita mengenai orang yang hilang ketika sedang melakukan pendakian gunung. Diantaranya ada yang ditemukan dalam keadaan masih hidup, ada juga yang sudah meninggal dunia. Namun, jika kamu ingin mendaki gunung bersama teman, tidak usah merasa cemas takut tersesat di gunung.

Jika tersesat di gunung, ada beberapa langkah penting yang harus diambil untuk menjaga keselamatan. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan:

Hal yang harus dilakukan Jika Tersesat di Gunung

1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Tidak bisa dipungkiri memang, jika kamu merasa tersesat ketika sedang melakukan pendakian maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu jangan panik. Panik hanya akan membuat situasi semakin buruk. Cobalah untuk duduk sejenak, bernapas dalam-dalam, dan fokus pada langkah-langkah berikutnya.

2. Periksa Posisi dan Keadaan

- Cek Peta dan Alat Navigasi: Jika kamu membawa peta, GPS, atau kompas, periksa untuk mengetahui di mana kamu berada. Cobalah mengingat jalur yang telah dilewati. Atau sebagai antisipasi, sebelum mendaki kalian dapat membuat tanda yang bisa menjadi bukti pendakianmu tidak salah jalur.

- Gunakan Landmark: Cari tanda alam yang mencolok seperti gunung, sungai, atau pohon besar yang mungkin bisa membantu mengenali lokasi.

3. Jangan Berkeliaran Sembarangan

Jika tidak yakin dengan arah yang benar, sebaiknya tetap di tempat. Bergerak tanpa rencana hanya akan membuat kamu semakin tersesat.

 

BACA JUGA: Rekomendasi 7 Warna Batik yang Membuat Warna Kulit jadi Cerah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: